Big O Notation

Tahukah anda tentang Big O Notation ?… Sebenarnya dalam matematika, nBig O Notation digunakan untuk menggambarkan perilaku membatasi fungsi ketika argumen cenderung menuju nilai tertentu atau tak terhingga, biasanya dalam hal fungsi sederhana. Dalam ilmu komputer, Big O Notation digunakan untuk mengklasifikasikan algoritma oleh bagaimana mereka merespons (misalnya dalam waktu proses mereka atau kebutuhan ruang kerja) untuk perubahan dalam ukuran masukan.

Big O Notation mencirikan fungsi sesuai dengan tingkat pertumbuhan mereka: fungsi yang berbeda dengan tingkat pertumbuhan yang sama dapat diwakili dengan menggunakan notasi O yang sama. Sebuah deskripsi dari fungsi dalam hal Big O Notation biasanya hanya memberikan batas atas laju pertumbuhan fungsi. Terkait dengan notasi Big O Notation adalah beberapa terkait, dengan menggunakan o simbol, Ω, ω, dan Θ, untuk menjelaskan jenis lain dari batas pada tingkat pertumbuhan asimtotik.

Big O Notation juga digunakan di banyak bidang lain untuk memberikan perkiraan yang sama.

Penggunaan  Big 0 Notation.

Sebenarnya dalam hal ini Kita juga perlu tahu Apa kegunaanya dari Big 0 Notation.Dalam hal ini Big O Notation memiliki dua bidang utama dari aplikasi. Dalam matematika, itu biasanya digunakan untuk menggambarkan seberapa dekat serangkaian terbatas mendekati fungsi yang diberikan, terutama dalam kasus deret Taylor dipotong atau ekspansi asimtotik. Dalam ilmu komputer, hal ini berguna dalam analisis algoritma. Dalam kedua aplikasi, fungsi g (x) muncul dalam (…) O biasanya dipilih untuk menjadi sesederhana mungkin, menghilangkan faktor-faktor konstan dan istilah yang lebih rendah. Ada dua penggunaan resmi dekat, tapi terlihat berbeda, notasi ini: asymptotics terbatas dan asymptotics sangat kecil. Perbedaan ini hanya dalam aplikasi dan tidak pada prinsipnya, namun-definisi formal untuk “O besar” adalah sama untuk kedua kasus, hanya dengan batas yang berbeda untuk argumen fungsi.

Keterbatasan Asymptotic

Big O Notation adalah berguna ketika menganalisis algoritma untuk efisiensi. Sebagai contoh, waktu (atau jumlah langkah) yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah ukuran n mungkin ditemukan untuk T (n) = 4n2 – 2n + 2. Sebagai n tumbuh besar, istilah n2 akan datang untuk mendominasi, sehingga semua persyaratan lain dapat diabaikan – misalnya bila n = 500, 4n2 istilah adalah 1000 kali lebih besar istilah 2n. Mengabaikan kedua akan memiliki efek yang dapat diabaikan pada nilai ekspresi untuk sebagian besar tujuan. Selanjutnya, koefisien menjadi tidak relevan jika kita membandingkan dengan keputusan lain dari ekspresi, seperti ungkapan yang mengandung istilah n3 n4 atau. Bahkan jika T (n) = 1.000.000 n2, jika U (n) = n3, yang terakhir akan selalu melebihi mantan sekali n tumbuh lebih besar dari 1.000.000 (T (1.000.000) = 1,000,0003 = U (1.000.000)). Selain itu, jumlah langkah tergantung pada rincian model algoritma mesin yang berjalan, tetapi berbagai jenis mesin biasanya bervariasi dengan hanya faktor konstan dalam jumlah langkah yang diperlukan untuk menjalankan algoritma. Jadi notasi O besar menangkap apa yang tersisa adalah: kita menulis baik

Atau

dan mengatakan bahwa algoritma telah urutan kompleksitas waktu n2. Perhatikan bahwa “=” tidak dimaksudkan untuk mengekspresikan “adalah sama dengan” dalam arti normal matematika, melainkan sehari-hari lebih banyak “adalah”, sehingga ekspresi kedua adalah teknis akurat (lihat “Tanda Setara ” pembahasan di bawah) sementara yang pertama adalah penyalahgunaan umum dari notasi.

wAW…Pusing juga ya. Ya itulah Informatika pusing tapi asyik…

Semoga bermanfaat ya.PhotobucketTerima kasih.

About Herdi Julianto

I'Am a Simple Man

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s